Ekspedisi Wisata Fauna Langka di Cirebon, Kura-kura Belawa

Kura-kura Belawa Cirebon
Kura-kura Belawa khas Cirebon | Foto: Rebon.org
Pesona Cirebon - Rebon.Org, Teman-teman Blogger Cirebon dan Blogger Jakarta kali ini mencoba memantau dan melihat kondisi terkini kawanan dari Kura-kura Belawa, yang berada di desa Belawa, kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cirebon yang jumlahnya terus menyusut. 

Kami bersama tim #FestivalPesonaCirebon ibu Nani (LangsungEnak.com), Leonita (perwakilan @Kemenpar_RI), Santosa (saya sendiri CirebonBeautiful.blogspot.com), Agus (Saegaleri.blogspot.com), Dodi (Dodi-Nurdjaja.blogspot.com), Rovahan (piknikcirebon.blogspot.com), dan Irwan (pelukis sketsa), dengan bapak Khaerudin selaku pengelola kebun Mangga Gedong Gincu. 


Mendatangi lokasi wisata fauna yang masih belum ada perubahan signifikan. Kami pada hari Minggu (3 April 2016) pun di sana bertemu dengan kepala desa Belawa yang bernama bapak Karmon. Beliau banyak menceritakan tentang asal muasal Kura-kura Belawa tersebut. Menurutnya, saat ia kecil dahulu jumlah kura-kura belawa sangatlah banyak hingga mencapai puluhan ribu ekor, yang tersebar secara liar hingga ke beberapa kolam ikan milik warga. 

Namun, pada beberapa tahun terakhir, jumlah populasinya sangat menurun drastis. Mulai dari keracunan, hingga perburuan liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 


Kini kura-kura belawa untuk ukuran dewasa, tinggal beberapa ekor saja, dan ukuran kecil tidak lebih dari ratusan. Untuk mengembangbiakan, beberapa warga sekitar ada yang sukarela untuk menternak kura-kura belawa dalam kolam mereka. 

About Santosa Blogger Cirebon

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Ekspedisi Wisata Fauna Langka di Cirebon, Kura-kura Belawa ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Ekspedisi Wisata Fauna Langka di Cirebon, Kura-kura Belawa ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete