XL Luncurkan Jaringan 4G LTE di Kota Cirebon


XL Jaringan 4G di Cirebon

Tapi terus terang, saya sebagai pengguna XL, hanya merasa perlu melihat harga dan daerah cakupan layanan XL 4G LTE ini di Cirebon.
=== by Dodi Nurdjaja ===
@REBON_org


Menjelang Pengumuman Lomba Blog #CirebonSmartCity Secara Offline di Keraton Kanoman, Komunitas Blogger Cirebon (rebon.org) mendapat undangan Media Update dari XL Cirebon, via email. Undangan hanya berlaku untuk 5 orang blogger saja.

Seperti biasa, kami rapat sebentar menentukan siapa saja yang bisa berangkat. Biasanya, rapat seperti ini terjadi saat kopdar. Atau jika mendesak, kami melakukannya secara online, via grup BBM. Kali ini, rapat kilat ada di sela-sela rapat persiapan Pengumuman Lomba Blog #CirebonSmartCity Secara Offline di Keraton Kanoman itu. Saya beserta 4 rekan blogger, Santosa, Agus, M. Taufik Hidayat dan M Ridwan, terpilih sebagai wakil rebon.org yang berangkat ke undangan itu.

Saya bertemu Santosa di area parkir, saat datang ke Amare Cafe. Kami masuk bersama. Kami langsung menuju meja registrasi. Lalu mendapat berkas Siaran Pers dan cindera mata.

Setelah memilih tempat duduk, saya mengeluarkan laptop dan hendak menambatkan ponsel saya sebagai modem, oh, ternyata saya lupa. Saya belum perpanjang registrasi koneksi internet saya. Maka saya berjalan berkeliling, menyapa orang-orang XL Cirebon yang saya kenal. Sambil, mengatakan, saya butuh beli pulsa XL.

Mas Koi (saya sudah lupa siapa nama aslinya) yang sedang asyik melakukan speed test sambil direkam, menyarankan saya ke meja registrasi, untuk beli pulsa XL. Di meja registrasi, saya menemui mas Daus. Saya bilang bahwa saya butuh yang 50 ribu saja, agar bisa yang free worry (setara unlimited) 30 hari. Saya tanya berapa harganya ke mas Daus. Mas Daus bilang, nanti saja kalau pulsanya sudah masuk.

Saat saya kembali ke tempat duduk saya, di meja telah terhidang makanan dan minuman. Saya tanya Santosa, apakah dia yang memesan. Tapi Santosa menjawab tidak memesan. Yah, pasti ini pesanan standar bagi undangan yang tidak langsung memesan.

XL Jaringan 4G di Cirebon XL Jaringan 4G di Cirebon

Tibalah saatnya, penjelasan panjang lebar tentang apa dan bagaimana jaringan XL 4G LTE. Mas Koi bertindak sebagai MC. Tapi terus terang, saya sebagai pengguna XL, hanya merasa perlu melihat harga dan daerah cakupan layanan XL 4G LTE ini di Cirebon. Penjelasan lainnya yang bersifat teknis hanya bikin pusing karena terlalu rumit dan banyak istilah.
XL Jaringan 4G di Cirebon XL Jaringan 4G di Cirebon


Mas Koi, sebagai MC, memberi kuis yang berhadiah nomor perdana XL yang sudah dilengkapi 4G LTE. Pertanyaannya, apa perbedaan antara jaringan 3G dengan 4G LTE. Tapi tak ada yang berani menjawab. Akhirnya kuis itu dibatalkan. Lalu langsung masuk ke sesi pertanyaan dari undangan.

Saat sesi pertanyaan, ada yang bertanya, mengapa baru sekarang, XL meluncurkan jaringan 4G LTE. Jawabannya karena regulasi pemerintah. Artinya, banyak hal yang menjadi pertimbangan, dan kebijakan pemerintah, adalah salah satunya. Semacam harus menunggu antrian. Namun bagi operator selain GSM, jaringan 4G LTE sudah bisa lebih dulu masuk ke wilayah Cirebon. Pantaslah, SmartFren sudah lebih dulu dalam sosialisasi jaringan 4G LTE di wilayah Cirebon. (Baca "Media Gathering - Sosialisasi 4G LTE Smartfren di Cirebon | #Go4GCirebon #GoForIt @smartfrenworld di Cirebon (Bagian 1)")

Saya pun bertanya (ada 2 pertanyaan), pertama, apakah ada semacam pendaftaran dari operator selular ke OpenSignal.com agar jaringan 4G LTE operator yang bersangkutan bisa tertera di situ. Karena pada OpenSignal.com, pada pilihan jenis jaringan 4G, belum tertera XL. Kedua, apakah rumah saya sudah termasuk dalam cakupan 4G LTE ini. Rumah saya di tengah kota Cirebon, di belakang Pasar Balong. Untuk pertanyaan ini, langsung dijawab sudah dalam cakupan 4G LTE.

Artinya, jika suatu saat saya merasa ada masalah pada jaringan 4G LTE milik XL di sekitar rumah saya, saya bisa langsung telpon mas Koi atau mas Daus, sambil mengingatkan, bahwa saya pernah bertanya tentang wilayah cakupan XL 4G LTE di sekitar rumah saya. Heheheheh...

Tentang tidak terteranya XL di OpenSignal.com pada jenis jaringan 4G di Cirebon, sekali lagi soal regulasi pemerintah. Ini adalah percepatan rencana. Sehingga, jenis menara BTS yang digunakan XL untuk jaringan 4G, belum sepenuhnya masuk dalam kategori LTE. Atau kira-kira seperti itulah yang saya pahami dari penjelasan mereka, orang-orang XL. Tapi semua layanan XL yang menggunakan jaringan 4G LTE, secara umum sudah bisa diakses, kecuali jenis VoLTE (Voice over LTE). Hari itu, jaringan 4G LTE baru di-unlock oleh XL untuk wilayah Cirebon.

Seperti tertulis dalam siaran pers, XL telah menggelar 4G di sejumlah kota, dan masih akan menggelar di beberapa kota lain juga hingga akhir tahun ini.

Vice President XL Central Region Bambang Parikesit mengatakan, "Akhirnya kami meresmikan komersialisasi layanan 4G LTE secara nasional termasuk Cirebon. Sengaja kami tak menunda-nunda lagi mengingat kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan untuk segera bisa memanfaatkan internet super cepat guna membantu meningkatkan produktivitas mereka."

Mas Koi, kemudian melakukan demo speed test, menggunakan aplikasi ookla di ponselnya. Mas Koi meminta disaksikan oleh seseorang, yang kebetulan rekan blogger Cirebon (rebon.org), M Taufik Hidayat. Taufik kemudian diminta membacakan 2 kali hasil speed test. Hasilnya memang sangat bagus, di atas 40 Mbps untuk download dan diatas 10 Mbps untuk upload.
XL Jaringan 4G di Cirebon


Lalu Taufik diminta mengambil nomor yang memenangkan door prize, sebelum duduk kembali. Lalu setiap pemenang door prize menjadi orang berikutnya yang mengambil nomor. Semua hadiah door prize berupa nomor perdana XL yang sudah 4G LTE. Kecuali terakhir, hadiah door prize berupa modem router untuk nomor XL 4G LTE, yang dimenangkan mas Hadi, admin @kelilingCirebon.

Toh, pada akhirnya, semua undangan pun mendapat pembagian nomor perdana XL 4G LTE, setelah sesi foto para narasumber dari XL (foto paling atas) oleh semua awak media.

Saat saya ikut memotret, saya didekati oleh seseorang dari XL. Saya tak sempat bertanya, siapa namanya. Orang itu menunjukkan aplikasi OpenSignal di ponselnya. Pada tab "Cakupan", memang XL tidak tertera di jenis jaringan 4G. Padahal, XL bersama operator lainnya, tertera di jenis jaringan 3G. Namun pada tab "Dasbor", jika kartu XL yang kita punya sudah yang mendukung 4G LTE, akan tampil "XL 4G LTE". dan di sebelahnya adalah jenis jaringan yang bisa digunakan oleh kartu XL kita. Dan ponsel saya belum mendukung untuk jaringan 4G LTE, maka jaringan kecepatan tinggi yang ditunjuk (atau bisa diakses) adalah 3G dan HSPA+ (3,5G) saja.
XL Jaringan 4G di Cirebon XL Jaringan 4G di Cirebon XL Jaringan 4G di Cirebon


Kebetulan, pada keesokan harinya, saya mendatangi kantor XL regional Cirebon, di Jalan Pemuda no 38, untuk minta panduan memasukkan nomor lama saya ke kartu perdana XL 4G LTE yang saya dapat dari acara ini. Ternyata, oleh CS yang bersangkutan, kartu lama saya yang dinaikkan (upgrade) menjadi XL 4G LTE. Jadi nomor perdana itu masih berlaku, karena tidak ditiban dengan nomor lama saya. Fyuuuhhh... Memang harus punya ponsel atau modem 4G LTE untuk nomor hadiah dari XL Cirebon ini. Ada yang mau nyumbang? :D

About Dodi Nurdjaja

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment