Panjang Jimat, Perayaan Maulid Nabi Di Cirebon


Panjang Jimat, Perayaan Maulid Nabi Di Cirebon - Cirebon dikenal sbg salah satu pusat penyebaran Islam di Jawa Barat. Dalam menyongsong Maulid Nabi, Cirebon memiliki program yg husus & sakral bernama Muludan. Puncak perayaan yg diagungkan oleh warga Cirebon tersebut merupakan Panjang Jimat.

Berkunjung ke Cirebon, Kamu dapat akan menikmati suguhan alam, kuliner, & peninggalan-peninggalan dalam penyebaran agama Islam beberapa ratus thn dulu. Cirebon teramat populer bersama 3 hal itu. Lebih-lebih dalam menyongsong Maulid Nabi. Panjang Jimat yaitu salah satu program yg paling besar di Cirebon dalam merayakan hri kelahiran Nabi Muhammad SAW yg dinamakan Muludan.

Prosesi Muludan di Cirebon diawali bersama perhelatan pasar tengah malam yg meriah di alun-alun Kraton Kasepuhan, yg bersisian bersama Masjid Akbar Sang Cipta Rasa. Perayaan ini tak cuma dihadiri oleh warga Cirebon, namun pun dari Bandung, Banten & Jakarta.

Nah, Panjang Jimat yg jadi puncak program, yakni kebiasaan yg udah berjalan sewaktu beberapa ratus th & tetap dipertahankan hingga kini. Program Panjang Jimat dilakukan di tiga keraton, merupakan Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, & Keraton Kacirebonan, juga di makam Sunan Gunung jati. Sebelum perayaan terjadi, berhari-hari diawal mulanya pihak dari keraton telah sibuk membersihkan & menyiapkan sekian banyak hidangan.

Program Panjang Jimat dalah perayaaan yg agung & sakral. Panjang Jimat menggandeng tiap-tiap umat Islam buat tetap mengingat & mengerjakan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW. Dalam program ini, Kamu bakal menonton iring-iringan dari benda-benda pusaka di dalam tiap Keraton yg jadi simbol & peninggalan-peninggalan diwaktu musim penyebaran agama Islam di Cirebon. Panjang Jimat mengandung unsur kebiasaan, budaya & kandungan-kandungan dari agama Islam.

Panjang Jimat mempunyai arti, merupakan panjang atau saat yg lama & jimat yakni 'siji di rumat' yg memiliki arti dua kalimat syahadat yg dengan cara terus-menurus dipelihara & diamalkan. Dalam program Panjang Jimat, serta diadakan bacaan-bacaan shalawat yg memuji & mendoakan Nabi Muhammad SAW. Pula ada ceramah mengenai kisah-kisah Nabi Muhammad SAW yg layak dicontoh & diteladani.

Program ini terjadi amat khidmat, juga pun dihadiri oleh keluarga dari sultan, abdi dalem & ribuan penduduk Cirebon. Penduduk yg menonton Panjang Jimat, rela berdiri & terjadi berjam-jam demi ikut dalam perayaan Maulid Nabi.

Bersama mengikuti program Panjang Jimat, Kamu bakal tidak sedikit meraih alkuturasi budaya & ajaran-ajaran bernilai mengenai Nabi Muhammad SAW.

About Sunardi

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment