Tim Blogger Festival Pesona Cirebon Tour Wisata Cicipi 10 Kuliner Khas Cirebon

Makan nasi jamblang bersama tim Blogger Festival Pesona Cirebon
Pesona Cirebon - Rebon.Org, Wah kalau bicara soal kuliner khas Cirebon, tentu sudah sangat akrab sekali di telinga, di mata, dan di lidah para teman - teman anggota Komunitas Blogger Cirebon. Tapi, khusus untuk teman - teman Blogger Indramayu dan Blogger Jakarta, tentu ingin tahu bagaimana rasanya makanan khas kuliner Cirebon.

Yuk kita cicipi bersama-sama, apa saja 10 makanan khas kuliner Cirebon, berikut ulasannya:

1. Nasi Jamblang
Nasi jamblang ini khasnya dari daun jati, dan sejarah mulanya berawal dari para buruh pabrik gula di Palimanan, yang sering makan di warung makan. Lantaran zaman dulu kertas dan plastik mahal, maka para penjual nasi dari Jamblang menggunakan daun jati sebagai alas. Sejak itulah nasi jamblang mulai menusantara, dan karena menu makanannya khas, berbeda dengan manu masakan lainnya.

2. Nasi Lengko 
Nasi lengko adalah nasi yang menu campurannya menjadi satu, nasi putih, toge, tahu, tempe, bumbu kacang, sambal, bawang goreng, dan daun kucai. Nasi lengko sangat khas ciri kuliner Cirebon.

3. Nasi Bogana
Ada lagi nasi bogana namanya, artinya adalah nasi Sang Pemilik (Tuhan), atau nasi persembahan, atau nasi dariNya. Nasi ini juga bisa dijumpai di daerah Indramayu yang biasanya ada setiap kali ada upacara adat atau budaya tertentu. Namun, jika Anda di Cirebon, biasanya nasi ini hanya ada di Pawon Bogana, Keraton Kanoman, saat malam hari (kecuali malam Rabu).

4. Nasi Langgi
Ada lagi namanya nasi langgi, nasi ini begitu khas daerah Cirebon. Awal mulanya nasi ini hanya diperuntukkan kepada tamu agung para raja dan sultan yang akan bertamu ke keraton yang ada di Cirebon. Kini nasi ini bisa dikonsumsi untuk siapa pun. Umumnya di berbagai hotel yang ada di Cirebon selalu menyediakan menu makanan tradisional saat breakfast.

5. Bubur Sop
Nah kali ini masih di bahan yang sama, namun hanya bentuknya saja yang berbeda. Yaitu bubur sop ayam, khas Cirebon. Nampak seperti bubur ayam biasa, namun, di Cirebon menggunakan tambahan kacang, ayam, kuah sop yang banyak, sayuran daun bawang, saun, dan sambal.

6. Docang
Kuliner khas Cirebon, Docang | Foto: Spectafood
Docang adalah satu satu dari makanan kuliner khas Cirebon, bahannya dari lontong, daun singkong dibuat sayur (jangan bodo), kemudian diberikan sambal, dengan tambahan kerupuk.

7. Mie Koclok
Ada pula mie koclok khas Cirebon, di Cirebon, mie koclok yang paling enak ada di desa Jatimerta, kecamatan Gunung Jati. Di sana sangat terkenal, karena usahanya dari turun - temurun.

8. Tahu Gejrot 
Nah kali ini khas kuliner Cirebon juga, namanya tahu gejrot, yang berarti tahunya ditindih. Karena bahannya dari gula asli dan sambalnya dengan menggerus cabai dan bawang merah dengan cara digejrot atau digerus atau diulek.

9. Empal Gentong dan Empal Asem
Nah kali ini ada empal gentong, empal yang ditaruh di gentong, temannya empal asem yang ditambahkan dengan air asem. Kuliner empal gentong sangat khas di Cirebon, jika kita lewat di jalan H Juanda, Plered hingga Kedawung, Cirebon. Maka banyak restoran yang berjejer dengan makanan empal gentong sebagai menu utamanya.

10. Sate Kalong
Nah kali ini ada sate kalong, sebenarnya ini bukan sate kalong (kelelawar), teapi melainkan bahannya saja dari sate daging kerbau. Disebut sate kalong karena pedagang satenya hanya berjualan di malam hari seperti kelelawar yang keluar hanya saat malam hari. Sate kalong ada di beberapa tempat seperti samping Manisan Sinta, Pasar Kanoman, atau di Lapangan Kesambi, Kota Cirebon.

Selain dari 10 makanan khas tersebut, sebenarnya masih ada yang lain. Yaitu; nasi aking, kerupuk melarat, urap semanggen, serabi ecol, ampo, embet, dan shogun. Kelima makanan kuliner tersebut juga termasuk khas Cirebon, untuk urap semanggen, embet, dan shogun, sangat sulit dicari di Cirebon.

About Santosa Blogger Cirebon

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment