Hosting di Google Drive

Dengan ditaruhnya file tersebut di Google Drive, saya menjadi lega. Karena sekalipun saya lupa membawa laptop atau flash disk, saya masih bisa pinjam laptop teman yang terkoneksi ke internet.
===
by Dodi Nurdjaja @REBON_org

To the poin ajah.
Sekitar dua pekan sebelum diadakan acara Workshop Internet Kreatif Blogger Cirebon Bareng Access Trade, saya sedang ngotak-ngatik hosting (penyimpanan) di Google Drive. Saya berniat menaruh (hosting) rangkaian perintah dalam file berekstensi html di Google Drive tersebut. File tersebut ingin saya jadikan source dalam perintah iframe. Sepekan lamanya usaha saya tak membuahkan hasil, maksudnya perintah dalam file html itu tak bisa dieksekusi dengan benar. Ada beberapa perintah yang tak bisa jalan.

Setelah yakin saya tak mendapatkan cara mengeksekusi perintah html di Google Drive, akhirnya saya berbelok. Saya membuat blog baru, khusus menaruh rangkaian perintah itu. Dengan cara ini, akhirnya saya bisa mengeksekusi perintah itu dengan kode perintah
"<iframe frameborder="0" src="http://j.mp/rebon1" width="300" height="300" scrolling="no" ></iframe>".

Di tengah "kesibukan" saya (yang saya buat sendiri itu), saya diingatkan oleh pengurus Rebon bahwa saya harus menyiapkan materi. Segera saya siapkan dalam bentuk file pptx (power point). Lalu file tersebut saya unggah ke Google Drive. Tak lupa file pptx yang sudah tersimpan di Google Drive tersebut, saya set terbuka untuk web.
Hosting di Google Drive

Dengan ditaruhnya file tersebut di Google Drive, saya menjadi lega. Karena sekalipun saya lupa membawa laptop atau flash disk, saya masih bisa pinjam laptop teman yang terkoneksi ke internet. Lalu tinggal mengeksekusi https://docs.google.com/presentation/d/1tpm3uYaARepsbB_VZ7WMROm8f4jKH3SWneS11X0lyLI/present#slide=id.p3

Dan ketika saya buka sesi pertanyaan materi "Berita Fitur" pada "Workshop Internet Kreatif Blogger Cirebon Bareng Access Trade" itu, ada @mamangpisang yang meminta materi tersebut dikirim untuknya, saya jawab, "Gampang, tinggal donlot."
saat mengisi materi "Berita fitur" pada workshop blogger.


Sampai saat ini pun, saya masih ngotak-ngatik Google Drive, untuk mencari celah agar bisa meletakkan file html yang bisa dieksekusi.

Silakan ikuti jejak saya hosting di Google Drive, bagi yang belum. Bagi yang belum tahu caranya, silakan baca Hijrah dari GoogleCode ke GoogleDrive. Nanti kita bisa saling share pengalaman saat di kopdar rebon.


Semoga Berhasil!
======

Catatan:
Untuk dapat memanfaatkan semua fitur google, syaratnya harus memiliki akun gmail.

About Dodi Nurdjaja

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

6 komentar:

  1. Mantaps sekali berbagi ilmunya. Sangat bermanfaat, cwendol big buat kang Dodi.

    ReplyDelete
  2. Manatap surantap jd selama msh ada jaringan internet tdk ada istilah lupa atau ketinggalan ya kang Dodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama msh ada jaringan internet, file2 Google Doc tadi masih bisa kita akses. Sekalipun file sumbernya yang di laptop, atau file copy yang di flash disk, ketinggalan atau lupa dibawa.
      Begitulah idenya, mas Jay. Google Drive memungkinkan kita berbagi file Google Doc.
      Harapan saya, fitur ini bisa lebih dimanfaatkan oleh rebon untuk menyimpan semua file materi presentasi, laporan, dan perencanaan, termasuk rangkaian silabus (atau kurikulum).
      :D

      Delete
    2. Terima kasih kang dodi, saat ini kami sudah meminta rekan2 REBON yg pernah mengisi materi di beberapa event utk mengirimkan filenya utk kami jadikan database, dan sebagainya :)

      Delete
  3. Semoga ilmu nya bermanfaat buat semua

    ReplyDelete