Cerita Blogger: Kangen Ikut Lomba Memasukkan Jarum di Botol Saat Agustusan

Lomba tujuh belasan | Foto: Kebon Cau 05
Surat Pembaca - Rebon.Org, Bulan Agustus ini merupakan bulan yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia ini. Karenakan di bulan inilah kita berhasil menang dan merdeka dari tangan penjajah.

Sudah 350 tahun kita menunggu lamanya akan kemenangan kemerdekaan ini, untuk itu biasanya dibulan agustus ini diadakan euphoria untuk merayakan hari kemerdekaan itu yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945.

Merayakan hari kemerdekaan biasanya diawali dengan upacara bendera untuk menghormati jasa pahlawan dahulu yang telah berjuang untuk kemerdekaan indonesia ini. Setelah itu dilanjuti dengan tradisi daerah yang menggambarkan wajah kesenangan dan kebahagian masyarakat indonesia.

Namun, saat sata di kota saya Cirebon, saya memiliki pengalaman tersendiri akan hari kemerdekaan indonesia itu. Biasanya di daerah saya setelah upacara dilaksanakan akan diadakan berbagai lomba-lomba, mulai dari lomba makan kerupuk, balam kelereng, memasukkan jarum kedalam botol, panjat pinang dan sebagainya.

Sewaktu SD dahulu saya sering mengikuti lomba-lomba tersebut dan selalu mendapat juara dalam lomba memasukan jarum dalam botol hingga sampai kelas 6 sd.

Ketika smp saya tidak lagi mengikuti lomba-lomba tersebut dikarenakan di daerah saya sunyaragi hanya anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar saja yang boleh mengikuti lomba-lomba tersebut. Yaah apa boleh buat, saya hanya menyaksikan adik-adik saya yang dengan antusiasnya mengikuti lomba-lomba tersebut.

Dan sekarang saya jarang merayakan hari kemerdekaan di kota cirebon ini lagi, dikarenakan saya yang sedang menempuh pendidikan di luar kota, Bandung. Ingin rasanya kembali merayakan hari kemerdakaan tersebut di kota cirebon tercinta ini.


Penulis : Maula Ihdal Fahri
Editor : Santosa

About Blogger cirebon

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment