Hati-hati Pakai Hosting Gratisan, Ini Akibatnya

Follow: @iLoveCireboncom
Cirebon - Rebon.Org, Ini barusan pengalaman saya sendiri, pada hari ini Jumat 27 Juni 2014 menjadi pengalaman yang cukup berharga. Mungkin juga pengalaman kawan-kawan yang lainnya, bagi penggiat dunia information and technology khususnya di bidang blog.

Pasalnya, beberapa hari terakhir ini saya memakai akun hosting gratisan untuk membuat akun e-mail yang keren, yang memakai domain com (commercial). Website tersebut sudah saya bangun dengan menggunakan template super ringan, sehingga bisa dibuka cepat oleh browser atau pembaca lainnya, maklumlah website saya ini adalah diperuntukan untuk informasi yang sifatnya cepat basi atau straight news bukan soft news.

Singkat cerita saya pakai server ......host.com, seminggu setelah saya pakai kagetnya bukan kepalang. Website yang biasanya nongol di google di peringkat paling atas untuk kategori tertentu mendadak jatuh ke halaman 4 di google. Waduh, celaka ini bukannya apa-apa kita pun merasa rugi dengan hal ini. Di satu sisi saya ingin punya email yang keren, eh tahunya website kita dalam SEO hancur.

Lantas saya tidak tinggal diam untuk menyelesaikan masalah ini. Saya cari-cari apa yang salah dengan hosting gratisan ini. Ternyata, jika kita sudah memasang kode nameserver milik hosting gratisan di management tools atau semacam Cpanel kita maka berakibat pada perubahan tampilan di website kita. Setelah saya cari tahu, ternyata ada file yang harus dihapus ketika kita menginstal namanya public_html di hosting gratisan itu. File itulah yang menyebabkan meta description di indeks google jadi amburadul.

Setelah saya hapus, akhirnya website saya kembali lagi ke page one. Kembali ke page one, bukan berarti efek hosting gratisan sudah selesai. Tepat setelah saya posting dua artikel pagi tadi, website saya tidak bisa dilihat di mozilla firefox. Saya cek website yang lain masih bisa dilihat, wah mulai lagi efeknya.

Tanpa saya pikir panjang, saya langsung hapus akun saya di hosting gratisan itu. Kemudian mengembalikan name server yang sudah saya pasang di pengaturan website saya di tempat pembelian domain saya dan akhirnya website saya bisa dilihat lagi. Duh mudah-mudahan sobat REBON (Komunitas Blogger Cirebon) tidak mengalami hal yang sama dengan saya. Jika sudah mengalami, bisa berbagi cerita.

Jangan lupa blogwalking gan :) iLoveCirebon.com follow juga twitternya @iLoveCireboncom

About Santosa Blogger Cirebon

Kami adalah anggota Komunitas Blogger Cirebon, menulis, meliput, mengedukasi, dan membangun Cirebon melalui internet dan teknologi adalah misi kami untuk mewujudkan Cirebon Smart City. Bergabunglah bersama kami, follow @Rebon_Org atau Wa 085224731010.

0 komentar:

Post a Comment